7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah





Kehadiran internet saat ini sudah bisa dibilang layaknya kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua pekerjaan saat ini membuthkan koneksi internet. Kecepatan internet sangat dibutuhkan oleh pengguna ponsel android agar browsing berjalan dengan lancar, bermain game online tanpa lag, dll. Namun, masalah timbul karena koneksi internet di Indonesia yang tidak stabil. Menurut beberapa informasi, Indonesia menduduki peringkat ke 8 sebagai negara dengan koneksi terlambat.

Namun, sebelum membahas lebih jauh, kita bahas dulu kenapa internet sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Banyak yang berpendapat salah satu sebabnya adalah karena menjamurnya pengguna smartphone atau ponsel pintar.

Untuk bisa dimanfaatkan secara optimal, smartphone sendiri harus bisa tersambung ke internet. Dengan koneksi yang bagus, maka kegunaannya akan semakin bisa dimanfaatkan. Selain itu, mungkin beberapa dari kita ada yang merasa kalau ketika internet mati, maka hidup terasa hampa. Internet lemot saja kita sudah uring-uringan, apalagi mati.
Terdapat banyak sekali cara untuk mempercepat koneksi internet android anda, simak beberapa point yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

1. Gunakan Ad-Blocker




Apabila kamu sering menggunakan jaringan internet untuk keperluan browsing, maka besar kemungkinan kamu juga pernah disodorkan dengan sejumlah tampilan iklan. Baik itu iklan dalam bentuk teks, gambar, video, maupun iklan dalam bentuk campuran antara gambar dan teks.

Asal kamu tahu, iklan-iklan yang tampil pada website/blog yang sedang kamu kunjungi itu juga akan ikut memakan data internet kamu sekaligus menyebabkan loading webnya menjadi lebih lambat.  Bahkan iklan ini bisa menyedot hingga 80% kuota internet, jadi jangan heran kalau kamu tidak memblokirnya, maka kuota internet akan terus boros.

Untuk itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan aplikasi Adblocker yang banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah dibekali Adblocker seperti Opera Browser atau UC Browser. Cara mempercepat koneksi internet ini sangat mudah dilakukan kan?

2. Bersihkan junk dan cache secara rutin




Junk dan cache adalah “berkas sampah” yang perlu dibersihkan secara berkala di smartphone Android kamu. Seiring waktu, berkas junk dan cache ini akan menumpuk dan menurunkan responsivitas aplikasi yang kamu pakai, juga dapat menurunkan kecepatan berinternet kamu.

Karena masalah cache ini, ada beberapa cara mempercepat koneksi internet Android yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan android kamu atau bisa juga dengan download aplikasi Clean Master.

Dengan menghapus manual dengan masuk ke menu  Settings > Apps & notification > All apps > Pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan dari junk dan cache > Storage > Clear cache.
Kalau kamu mau rajin sedikut, kamu bisa menghapus cache di satu per satu aplikasi dengan masuk ke menu settings - aplikasi - pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya - clear cache - lanjutkan di aplikasi berikutnya.

3. Gunakan jaringan 4G only

Untuk mengatur koneksi dalam 4G LTE, kamu bisa langsung berkunjung ke Settings > Network & internet > Mobile network > Advanced > Preferred network type, kemudian pilih GSM/WCDMA preferred atau LTE/WCDMA. Kamu perlu mengetes mana opsi yang terbaik dari 2 pengaturan konektivitas tadi dengan memakainya berinternet untuk beberapa saat.

Banyak dari operator seluler Indonesia yang kini sudah mendukung jaringan 4G LTE. 4G LTE merupakan teknologi konektivitas yang memungkinkan smartphone Android kamu untuk bisa mencapai kecepatan berinternet hingga 100 Mbps.

4.  Tutup aplikasi jika tidak digunakan



Seringkali, pengguna Android hanya menekan tombol back atau home setelah menggunakan aplikasi. Hal ini akan menambah beban ke muatan RAM dan memperlambat koneksi internet sebab aplikasi tadi tidak sepenuhnya ditutup dan masih berjalan di latar belakang. Untuk menutup aplikasi secara menyeluruh, caranya klik tombol recent apps dan swipe aplikasi yang tidak kamu butuhkan untuk membuat RAM lebih lega dan koneksi internet yang lebih lancar.

5. Cobalah menggunakan aplikasi VPN



Aplikasi VPN (Virtual Private Network) mungkin lebih sering dikenal sebagai alat untuk membuka situs yang diblokir. Namun selain itu, aplikasi VPN juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat koneksi internet kamu lho.  Terutama bila koneksi internet android kamu sedang melambat.

Dengan kondisi koneksi internet di Indonesia yang kurang stabil, menggunakan aplikasi VPN di ponsel android kamu jelas akan sangat membantu. Apabila kamu tertarik, kamu bisa mendownload berbagai aplikasi VPN yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

Meskipun gratis, sebaiknya kamu tetap harus berhati-hati ya guys! Sebab menggunakan aplikasi VPN juga diketahui dapat memberikan dampak & risiko tersendiri bagi penggunanya.

6. Uninstall atau disable aplikasi yang tidak dibutuhkan



Jika smartphone Android yang kamu gunakan bukan keluaran Google atau varian Android One, maka besar kemungkinan kalau smartphone Android-mu memiliki banyak aplikasi yang tidak penting atau bloatware. Aplikasi-aplikasi bloatware ini selain bisa membuat sistem semakin lambat dari waktu ke waktu juga dapat menurunkan kecepatan internet sebab aplikasi ini selalu terhubung ke internet dan berjalan di “latar belakang” meski tidak dibuka.

Untuk menyingkirkan aplikasi bloatware ini, menonaktifkan dengan cara disable adalah satu cara yang bisa kamu lakukan jika smartphone kamu belum berstatus root. Caranya, kunjungi Settings > Apps & notifications > All apps > Pilih aplikasi yang ingin kamu disable > Disable. Jika smartphone kamu sudah di-root, kamu dapat menggunakan aplikasi seperti TitaniumBackup untuk meng-uninstall-nya secara total.

7. Matikan tethering



Tethering merupakan salah satu fasilitas di android yang berfungsi untuk mengubah ponsel kamu menjadi semacam wifi. Fasilitas ini memungkinkan kamu untuk berbagi jaringan internet yang kamu gunakan bersama dengan perangkat lain yang tersambung.

Sehingga otomatis membuat koneksi internet kamu pun menjadi terbagi-bagi. Nah, jika ini kamu lakukan, maka kamu harus siap dengan risiko koneksi internet yang tiba-tiba menjadi tidak stabil, bahkan lemot. Terlebih jika perangkat lain yang sedang tersambung dengan tethering kamu ini menggunakan koneksi internetnya untuk mendownload aplikasi.

Maka dari itu, jika kamu ingin koneksi internet android kamu kembali cepat dan stabil lagi, maka disarankan untuk segera menonaktifkan tethering di ponsel kamu.

Nah, itulah tadi 7 cara ampuh untuk meningkatkan koneksi internet di smartphone Android kamu, baik itu non-root maupun root. Jadi, apapun operator seluler yang kamu pakai, baik itu Telkomsel (simPATI, kartuHalo, As, dan Loop), 3 (Three), Indosat, hingga Smartfren, jika kamu mendapati koneksi internet yang mulai melambat di smartphone Android-mu, 7 cara tadi bisa jadi solusinya.


Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel