Cara Mudah Membuat Hotspot Wifi di Laptop Windows Dengan CMD


Sandal69 - Hallo semua, Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok saat ini. Selain untuk berkomunikasi, bermain game, dan bermedia sosial, akses internet adalah hal wajib karena saat ini semua perangkat terhubung memalui internet.
Tak jarang, beberapa orang berlangganan lebih dari satu jenis ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet. Di satu sisi, menggunakan ISP berbasis perangkat mobile, seperti Telkomsel, Indosat, Tri, dan lain sebagainnya. Di sisi lain, berlangganan ISP berbasis jaringan wifi atau kabel seperti IndiHome.
Namun, bagaimana jika salah satu langganan kita kehabisan kuota atau mengalami sebuah gangguan? Tentu berbagi internet dari satu perangkat ke perangkat yang lain (Internet Sharing) menjadi pilihan yang tepat.
Berbagi internet dari perangkat satu dengan perangkat yang lain adalah hal yang sering kita lakukan untuk memperoleh akses internet dengan instan.
Sebagai contohnya, saat IndiHome yang kita gunakan mengalami gangguan dan pada saat itu pula kita sedang memiliki suatu hal yang mendesak dan harus menggunakan internet. Maka, kita dapat menghidupkan fitur hotspot dari ponsel kita untuk segera mendapatkan akses internet.
Namun, bagaimana jika sebaliknya? Perangkat ponsel kita yang kehabisan kuota dan hanya perangkat komputer kita yang memiliki akses internet.
Berlaku juga sebaliknya, perangkat komputer pun dapat digunakan berbagi koneksi internet atau dapat digunakan sebagai hotspot portable. Nah artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat hotspot portable di windows dengan CMD dengan mudah, oke langsung saja berikut langkah - langkahnya.
 Cara Mudah Membuat Hotspot Wifi di Laptop Windows Dengan CMD
1. Pertama buka dan jalankan program CMD sebagai administrator ( Klik kanan - Run as administrator)
2. Kemudian ketikkan perintah berikut :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=(nama_wifi) key=(sandi_wifi)
ssid diisi dengan nama wifi yang akan dibuat, dan key disisi dengan sandi yang akan dibuat, kemudian tekan enter.

3. Untuk menjalankannya ketikkan perintah :

netsh wlan start hostednetwork



Kemudian enter, Sampai disini hotspot yang kita buat telah berhasil tetapi belum dapat digunakan karena belum mendapat akses internet. Agar hotspot yang kita buat dapat akses internet kita harus menyetelnya di bagian network and sharing center, caranya :

1. Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada ikon network (seperti pada gambar).

Cara Membuat laptop Menjadi Hotspot Wifi Dengan Cmd


2. Lalu klik pada koneksi yang memiliki sambungan ke internet.




3. Klik Properties.




4. Lalu pindah ke tab Sharing, dan centang Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.




Nah sekarang hotspot sudah bisa dipakai untuk internetan. Ini hampir mirip dengan hotspot portabel pada handphone android jaman sekarang. Laptop bisa menjadi pemancar WiFi di rumah tanpa membeli router lagi. Bagi yang ingin bertanya silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah post ini. Nah sekian tread tentang Cara Mudah Membuat Hotspot Wifi di Laptop Windows Dengan CMD. Semoga bermanfaat.





Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Hotspot Wifi di Laptop Windows Dengan CMD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel